Popular Post

Posted by : Unknown 26 Mei 2012


   Kopi pertama kali dinikmati bukan sebagai minuman. Suku-suku di Afrika Timur telah menikmati buah dari pohon kopi selama berabad-abad sebagai makanan tambahan. Mereka memanggang buah kopi pada wajan terbuka, atau memasaknya bersama lemak hewan, dan setelah itu memakannya.

   Tanaman kopi pertama tumbuh di Kaffa, salah satu provinsi di Ethiopia. Nama kopi barangkali berkaitan dengan nama provinsi tersebut. Pada abad ke-14, para pedagang arab datang ke Kaffa dan mengenal biji-biji kopi. Mereka kemudian mulai menanam kopi di Yaman. Di sanalah orang pertama kali mengolah kopi untuk bahan minuman. Kaum Muslim dilarang meminum anggur dan ternyata kopi dapat menjadi minuman penyegar sebagai pengganti anggur bagi mereka.
   Pada sekitar abad ke-15, penggunaan kopi sebagai minuman menyebar dari Yaman ke Mekah, dan dari sana terus menyebar ke Baghdad, Kairo, Damaskus, dan daerah-daerah lainnya. Pada tahun 1511, di Kairo telah terdapat kedai-kedai kopi. Kopi pertama kali diperkenalkan ke Eropa Barat sekitar tahun 1615.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Add to Google Reader or Homepage

- Copyright © Asmara Sakti - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -